LENSARIAU.CO.ID - Dua puluh tiga titik api dipastikan membara di daratan pulau Sumatra sejak pekan ini. Titik hotspot acap kali melanda bagian hutan pulau Sumatra. Titik api sepertinya sulit dijinakkan, terutama di provinsi riau, dari total 12 provinsi.

Titik panas lainnya ada Sumarera Selatan sebanyak lima titik, Lampung tiga titik, dan Bangka Belitung dua titik, dan Bengkulu satu titik.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno menyatakan jumlah titik panas bertambah dibandingkan Senin sore (24/9) yang terdeteksi 11 titik. Dari 12 titik panas pada pagi ini di Riau, yang paling banyak di Kabupaten Pelalawan dengan lima titik.

Kemudian di Siak dan Kepulauan Meranti masing-masing tiga titik dan Indragiri Hulu ada satu titik.

Selain itu, ada dua titik yang memiliki tingkat keakuratan (level of confidence) di atas 70 persen, sehingga dipastikan adalah titik api.

"Dua titik tersebut di Pelalawan dan Kepulauan Meranti," katanya.

Stasiun Klimatologi Riau sebelumnya juga menyatakan sejumlah area di Kabupaten Pelalawan punya risiko tinggi terjadi kebakaran hutan dan lahan, karena hari tanpa hujan lebih dari seminggu.

Sementara itu, Kota Pekanbaru pada sore ini cerah berawan dan belum ada tanda akan turun hujan.

Secara keseluruhan Riau akan mengalami cuaca cerah berawan. Potensi hujan ringan pada pagi hari diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rohil, Kota Dumai, Kampar, dan Inhil.

Pada siang hari cuaca potensi hujan masih terjadi di daerah yang sama, namun diprakirakan juga meluas ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Pelalawan dan Inhu. Hujan di derah tersebut diharapkan bisa membantu proses pemadaman Karhutla.

Sementara itu, pada malam hari potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuansing, dan Bengkalis.

Ia menambahkan suhu udara di Riau diprakirakan mencapai 24 hingga 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 45 - 97 persen. Angin bertiup dari arah Timur ke Selatan dengan kecepatan 09 - 27 km/jam.(Lens/ant)

  • Usus Anak Ini Terburai Dilindas Truk di Depan Unilak Pekanbaru

  • Satu Bulan Belajar di Kampung Inggris AHRA, Naufal dan Kamilia 'Mantap' Berbahasa Inggris

  • Penangkapan Ikan Besar Jenis Arapaima Gigas Ternyata tidak Berasal dari Sungai Siak Pekanbaru

  • Sadis, Sopir Truk Ini Sekarat dan Terjepit di dalam Mobil Usai Laga Kambing

Go to top
Copyright © 2015 www.lensariau.co.id. All rights reserved. by lensariau.co.id